9 Kunci Cara Mengatur Keuangan Pekerjaan Untuk Tumbuh Cepat as well as Sehat

9 Kunci Cara Mengatur Keuangan Pekerjaan Untuk Tumbuh Cepat as well as Sehat

Jangan menganggap remeh dengan mengatakan tidak apa-apa ketika Anda menggunakan uang perusahaan untuk kebutuhan pribadi atau menggunakan uang pribadi untuk keperluan usaha. Mencampuradukkan keduanya bisa berakibat besar karena akan mengganggu laju keuangan bisnis yang Anda jalankan. Bahkan, Anda bisa saja mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadi yang tidak direncanakan sehingga perusahaan kehilangan omset untuk sesuatu yang tidak jelas.

Dengan demikian Anda dapat mengontrol semua transaksi keuangan bisnis Anda. Cara mengelola keuangan usaha meliputi juga bagaimana Anda mengelola hutang piutang dan persediaan. Banyak bisnis atau usaha mengalami kesulitan kas meski pembukuan mereka menunjukan angka baik. Bagian kas Anda melambat kalau kredit Anda lebih musgo ketimbang kulakannya. Tidak memisahkan keuangan pribadi dengan dollar perusahaan adalah kesalahan dalam sering dilakukan oleh marketing skala kecil dalam mengatur keuangan.

Karena waktu Anda membeli kebutuhan perseorangan Anda dengan uang pekerjaan, Maka tanpa sadar dollar usaha Anda akan tergerus dan habis. Meskipun terlihat sederhana, seorang pengusaha tipis serta menengah pun penting menerapkan prinsip manajemen pada mengelola keuangan usaha tersebut. Selain itu, laporan yg Anda dapatkan juga jadi lebih bermanfaat, akurat, serta tepat waktu dengan biaya yang lebih rendah.

Jangan lupa selalu lakukan analisa “cost and benefit” untuk menyakinkan bahwa penggunaan uang tidak bakal sia-sia dan memberikan return yang menguntungkan dan meningkatkan profit usaha. Pengelolaan keuangan usaha sangat berbeda cara pengaturannya dengan mengelola keuangan pribadi. Salah satu hal kecil yang sering membuat pebisnis gagal, yakni menganggap uang usaha sebagai milik pribadi. Tapi, tanpa disadari, kebiasaan mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis menjadikan arus kas berantakan.

Bagaimana cara mengatur keuangan usaha ini tentu saja akan sangat berbeda dengan cara mengelola keuangan pribadi. Pemisahan laporan keuangan membuat Anda dapat mengendalikan aktivitas finansial perusahaan dengan mudah. Arus kas perusahaan yang masuk dan keluar tidak lagi tercampur dengan keuangan pribadi. Kerap kali pelaku usaha kecil tidak memisahkan keuangan pribadinya dengan moneter usaha. Jadi buat 2 akun yang terpisah, kalau Anda perlu suntikan nilai ambil dengan prosentasi terpilih dari modal.

Karena mereka berpikir perusahaannya masih kecil hingga tidak masalah jika mencampur keuangan perusahaan dengan perseorangan. Dari ketujuh cara mengatur keuangan di atas, keseluruhan adalah poin yang berarti dan harus dipertimbangkan dalam mengelola keuangan usaha Anda. Usahakan untuk menyesuaikan rencana pengeluaran dengan target penjualan dan penerimaan kas. Sebaiknya Anda menunda rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya.

Oleh karenanya, lakukan pengelolaan keuangan usaha kamu semaksimal mungkin dengan membuat pembukuan yang baik, karena hal ini merupakan hal yang sangat menentukan kelancaran usaha kamu. Caranya yaitu dengan mencatat anggaran pengeluaran rutin dan pendapatan yang diperoleh. Maka, penting untuk mengatur keuangan usaha dengan keuangan pribadi, dengan menyusun pembukuan yang benar agar semua tercatat dengan baik. Laba bersih pun dapat dihitung dengan tepat sehingga kamu bisa memperhitungkan berapa pajak yang harus dibayar.

Leave a Reply